Outbond Khusus Anak-anak

Posted by Ruswadi on 20.14


Sejumlah pendidikan anak usia dini (PAUD) di Jakarta dan Tangsel, mengadakan lomba outbond anak-anak, lomba yang diikuti oleh puluhan peserta tersebut untuk memupuk jiwa sportifitas dan memperkenalkan sejak dini tentang keberanian serta mengenal alam lebih jauh.

Menurut Ni'matul Sa'adah, pembimbing dari PAUD Al-Itjihadul Islamyiah Jurang Mangu Barat, Pondok Aren, Tangsel mengatakan bawah acara seperti ini adalah untuk memupuk rasa berani dalam berpetualangan di alam, tak hanya itu, anak-anak didik untuk bersoledaritas dan kerja sama dengan tim.

Sebelum melakukan traking di area outbond, para peserta sebelumnya diberikan pengarahan terlebih dahulu, pengarahan disini dilakukan agar para peserta tidak tegang, bentuk pengarahan pun berbeda dengan orang dewasa.

" Disini para peserta diajak untuk bernyanyi riang dan senam kecil untuk meregangkan otot, biasanya instruktur lebih dari 3 orang dalam memberikan pengarahan terhadap para peserta outbond cilik tersebut," katanya.

Setelah diberikan pengarahan satu-satu peserta diajak untuk menuju area traking, salah satunya dengan menaiki jaring tali menuju trak berikutnya, dengan dibantu instruktur peserta outbond cilik, anak-anak biasanya langsung berani menuju trak berikutnya.

Saat yang mendebarkan adalah trak peluncuran diatas ketinggian 4 kaki, anak-anak biasanya ketakutan tak jarang para peserta outbond cilik tersebut nangis karena takut melihat kebawah area. Tapi banyak pula peserta berhasil melewati trak peluncuran.

"Setelah selesai, anak-anak diajak untuk berenang untuk bersihkan badan dari bau kringat, lokasi masih satu area, " ungkapnya.

Lokasi outbond khusus anak-anak sendiri berada di Kampung Sawah, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Satu anak dikenakan biaya Rp50 ribu. (Afz/JJ)

Sumber: http://berita8.com - 4 April 2010