TBM di Tangsel

Posted by Ruswadi on 20.09

Pakujaya, TAPOS, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali diresmikan, kemarin. TBM ketiga ini berlokasi di Perumahan Pakujaya, Blok A 18 No 15 Kelurahan Pakujaya, Serpong Utara. Rencananya, semua TBM di Tangsel akan difasilitasi komputer dan internet.
TBM yang diberi nama Taman Bacaan Widya Jaya ini diresmikan langsung oleh Dewan Pemina Komunitas Pembaca Buku Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. “Untuk tahap awal ini, saya targetkan satu kecamatan memiliki satu taman baca. Yang sekarang baru diresmikan meruapakan tempat yang ketiga setelah Pamulang dan Serpong,” ungkap Airin.
Airin berharap, taman baca yang disediakan tersebut bisa memacu motivasi warga sekitar terutama pelajar dari tingkat SD-SMU untuk minat akan baca.
“Di TBM ini menyediakan 298 koleksi buku untuk semua umur,” ungkapnya.
Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non Formal Indonesia (PNFI) Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangsel, Didi Sutisna juga berharap dengan adanya taman bacaan seperti itu bisa terus dimanfaatkan warga untuk mencintai buku. Sebab buku merupakan sumber segala ilmu pengetahuan.

Apalagi, sambungnya, Tangsel memiliki cita-cita luhur menjadikan kota ini sebagai kota pendidikan. Hal ini dapat terwujud nantinya, jika warga masyarakat serta pelajarnya mulai mencintai buku.

“Saya yakin, karena sekarang ini saja kita memiliki sejumlah perguruan tinggi seperti Universtias Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat serta Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), di samping itu, buku merupakan jendela dunia, tandasnya.

Sedangkan Ketua Komunitas Siar Masyarakat Gemar Membaca (Magma) Kota Tangsel, Herlina Mustikasari mengatakan, tujuan diabngun taman bacaan ini untuk memotivasi masyarakat untuk menggali pengetahuan lewat buku.

sumber:http://info-airin.com/berita/saung-pintar-airin/427-tbm-di-tangsel-bakal-dilengkapi-internet.html